Jum’at, 26 Agustus 2016, pukul
08.20 WIB, kulihat Pak Rio, Mas Adit, Bu Ima, Bu Ika, dan beberapa kru dari
Shinkenjuku mempersiapkan pembelajaran di ruang kelas. Beberapa potong selotip
bening 5 cm dengan panjang sekitar 100 cm tertempel di almari besi yang
terbuka, setumpuk koran bekas terpapar di lantai, beberapa ikat sedotan
minuman, dan tas kresek entah apa isinya berada di atas meja. Sementara peserta
didik dengan santainya duduk di bangku masing-masing, sedikitpun tidak merasa
terganggu.
2. Apa Kabar
Anak-anak dan pak Rio duduk dengan membuat lingkaran besar.
"Apa kabar", tanya pak Rio kepada anak-anak. Jawabannya bukan dengan kata-kata, tetapi mengacungkan ibu jari (jempol). Ibu jari ke atas, berarti kabar baik, mendatar berarti kurang baik, dan ibu jari mengarah ke bawah berarti tidak baik. Pak Rio bertanya kepada anak yang ada di kirinya, anak di kanannya, juga kepada anak-anak yang lain, diikuti oleh semua siswa.
3. Salam Tujuh
Pak Rio meminta bu Ima untuk maju memperagakan salam tujuh.Secara bersamaan pak Rio dan bu Ima memajukan tangan kanannya dengan beberapa jari membuka dan sisanya menutup. Beberapa kali hal tersebut dilakukan, baru berhenti setelah jari yang muncul berjumlah tujuh. Anak-anak mencoba kegiatan tersebut bersama temannya bergantian. Suasana kelas makin cair.
4. Menyelamatkan telur
Pak Rio membentuk 6 kelompok yang masing-masing anggotanya 4 orang dengan cara berhitung satu, dua, tiga, empat, lima, enam secara berulang. Angka yang disebut menunjukkan nomor kelompok.Pak .... to be continue ...
3. Salam Tujuh
Pak Rio meminta bu Ima untuk maju memperagakan salam tujuh.Secara bersamaan pak Rio dan bu Ima memajukan tangan kanannya dengan beberapa jari membuka dan sisanya menutup. Beberapa kali hal tersebut dilakukan, baru berhenti setelah jari yang muncul berjumlah tujuh. Anak-anak mencoba kegiatan tersebut bersama temannya bergantian. Suasana kelas makin cair.
4. Menyelamatkan telur
Pak Rio membentuk 6 kelompok yang masing-masing anggotanya 4 orang dengan cara berhitung satu, dua, tiga, empat, lima, enam secara berulang. Angka yang disebut menunjukkan nomor kelompok.Pak .... to be continue ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar