Rabu, 22 April 2020

Saat tepat dekatkan diri pada-Nya


               

Masjid Agung Kota Malang (foto oleh Merdeka.com)

              Bulan Romadhon merupakan saat yang tepat untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya. Setiap bangun malam untuk makan sahur, sebagian waktu bisa kita sisihkan untuk sholat tahajud setidaknya 8 rokaat, pagi hari bisa kita gunakan sebagian waktu untuk sholat dhuha, 8  - 12 rokaat. Yang sholatnya masih bolong-bolong, kesempatan emas untuk untuk berusaha melengkapi, sementara yang sudah penuh lima waktu bisa melengkapi dengan sholat sunnah rowatib (sebelum dan atau sesudah sholat fardu), sholat hajad, atau juga sholat tasbih. Tatacara sholat bisa googling di internet, atau tanya-tanya saudara atau kenalan. Tentu masih ada ibadah-ibadah lain yang dengannya kita bisa lebih mendekatkan diri pada-Nya.
                Kenapa mendekatkan diri pada-Nya? Sebagai muslim tentu kita mengimani bahwa bumi, langit, dan semua yang ada di antara keduanya adalah ciptaan Allah, milik Allah, Allah tempat meminta sesuatu, hanya kepada-Nya kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan. Semakin dekat kita kepada-Nya, tentu sangat rasional jika permohonan kita, do'a-do'a kita akan lebih mudah dikabulkan dibanding kalau kita jauh.  
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila dia berdo'a kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran. (Al Baqoroh ayat 186)
Kenapa sholat tahajud?
Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (Al Isro' ayat 79).
Kalau dengan sholat tahajud ada peluang kita akan diangkat ke tempat terpuji oleh-Nya, alangkah indahnya kalau kita bisa rutin melaksanakannya.  
                Manfaat-manfaat lain dari sholat tahajud maupun sholat dhuha dibahas panjang lebar oleh para kyai, para ustadz, dan bisa juga kita googling di internet. Cobalah sobat "mengintip" kehidupan orang-orang yang rajin sholat tahajud maupun sholat dhuha di sekitar sobat.  Mereka tentu lebih tenang dan berkecukupan, tidak kekurangan apapun.
                Siapapun yang berharap kehidupannya berubah lebih baik di masa mendatang, diterima bekerja ditempat yang diimpikan, harapan dan cita-citanya terkabul, atau yang lainnya, sekarang saatnya sobat lebih mendekatkan diri pada-Nya.  
                Mengandalkan otak dan kepintaran? Tentu banyak orang yang otaknya lebih encer dari kita. Mengandalkan keberuntungan? sama saja dengan berharap kepada yang belum tentu. Kekayaan? Banyak orang kaya stress karena tanpa iman.       
                Sepertinya tidak mudah? Ya, tetapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. Orang Amerika menyatakan tidak ada kopi gratis, logo propinsi Jawa Timur bertuliskan Jer Basuki Mawa Beya. Untuk sesuatu yang lebih baik tentu butuh biaya, butuh modal, butuh tekat yang kuat.
… Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. … (Surah Ar-Ro'd ayat 11).
                Khusus warga group WA yang aku ada di dalamnya, alangkah indahnya kalau kita bisa sama-sama berada di tempat terpuji, dan di akhirat bisa ngumpul-ngumpul lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIABET PADA KAKI HARUSKAH DIAMPUTASI?

                  Amputasi adalah salah satu pilihan tata laksana pada kasus kaki diabetes. Namun, keputusan untuk melakukan amputasi tidak ...